8 Destinasi Wisata di Jepang Yang Wajib Kamu Kunjungi


Jepang!!! Akhirnya ke Jepang! Gw ke Jepang waktu musim dingin tapi belum ampe saljuan ya. Ini aja udah dingin pake banget, angin nya kenceng bikin ngiluh tapi nagih haha. Gw jadi demen banget liburan pas musim dingin, karena gak berasa terlalu capek! Gak berasa panas, gak keringetan! Memang bener ya, gw anti ke Jepang kalau musim panas karena kalau baca di komik, summer di Jepang itu super hawtttt sampe sekolah diliburin (bener gak sih?)... Yukkk kita bahas tempat apa aja yang gw (Venezia Lowis), suami gw (Rivan Kurniawan), and bocah gw - Verona kunjungin!

1. Fushimi Inari Taisha
 

Fushimi Inari Taisha adalah kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama (honden) terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter.

Di kuil ini dimuliakan Ukanomitama bersama pendampingnya, Satahiko no Ōkami, Ōmiyanome no ōkami, Tanaka no ōkami, dan Shi no ōkami.Inari dipercaya sebagai dewa pertanian, sehingga kuil ini dipercaya membawa berkah bagi panen palawija, kesukesan dalam perdagangan bisnis, dan keselamatan di bidang transportasi. Kuil Fushimi Inari masuk dalam peringkat kuil menurut Jinmyōchō (daftar nama kuil) yang diterbitkan bersama Engishiki. Selain itu, kuil ini berada dalam kelompok 7 kuil papan atas dari daftar 22 kuil utama (Nijūnisha). Dalam sistem lama peringkat kuil Shinto, kuil ini merupakan salah satu dari kampeisha (kuil resmi yang didanai pemerintah Jepang).

Kuil utama yang ada sekarang dibangun tahun 1499 setelah bangunan yang lama habis terbakar sewaktu terjadi Perang Ōnin. Aula utama kuil ini ditetapkan pemerintah Jepang sebagai warisan budaya yang penting. Sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii. Sekitar 10.000 torii yang berderet-deret di Gunung Inari merupakan hasil sumbangan umat. Di antaranya, Senbon torii (deretan seribu torii) telah menjadi salah satu objek pariwisata.



2. Nara Park

Nara Park atau taman adalah taman terbesar dikota penuh sejarah, banyaknya pohon dan lokasinya yang berada di kaki gunung Wasakusa membuat taman ini terasa sejuk bahkan disaat siang hari yang terik. Terletak di jantung kota Nara, taman ini di kelilingi oleh kuil Todaiji, Kuil Kasuga-Taisha, Kuil Tamukeyama Hachimangu dan museum Nasional Nara. Mengunjungi Nara tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi taman yang sudah ada sejak 1880 ini, dengan ada daya tarik utamanya yaitu rusa. Ada lebih dari 1000 ekor rusa hidup di taman Nara mereka berjalan-jalan di area taman bahkan mau berinteraksi dengan para pengunjung. Binatang rusa ini telah menjadi ikon taman Nara yang dikenal luas sekaligus masuk kedalam warisan situs sejarah Jepang.



3. Osaka Aquarium Kaiyukan

Aquarium Kaiyukan terletak di Tempozan Harbor Village di daerah teluk Osaka , dan merupakan salah satu akuarium paling spektakuler di Jepang. Di Aquarium ini banyak memperkenalkan berbagai bentuk kehidupan laut yang menghuni Lingkar Pasifik dengan cara yang terorganisasi dengan baik dan mengesankan.

Kehidupan laut ditampilkan dalam 15 tank, masing-masing mewakili wilayah tertentu dari Lingkar Pasifik. Tangki pusat, yang mewakili Samudera Pacifik, memiliki kedalaman sembilan meter dan rumah bagi hiu paus, daya tarik utama akuarium. Para pengunjung akan memulai tur  di Aquarium Kaiyukan dimulai dari lantai 8 dan perlahan-lahan akan menuruni lantai demi lantai menuju kebawah di sekitar tangki pusat. Beberapa tank membentang di beberapa lantai semuanya terbuat dari dinding kaca yang tebal dan bening, sehingga memungkinkan untuk mengamati hewan dari kedalaman dan perspektif yang berbeda. Ruang pameran baru ditambahkan ke akuarium pada Maret 2013.

4. Osaka Castle

Osaka Castle adalah istana yang terletak di bagian barat kota Osaka. Kita bisa dengan mudah menikamati pemandangan dan kesejukan taman sambil menuju ke bangunan utama Osaka Castle. Osaka castle merupakan istana kerajaan jepang pada awal abad ke-16. Meski disebut istana, tempat ini sebenernya merupakan sebuah museum modern yang menceritakan perjalanan Toyotomi Hideyoshi, sang pendiri istana yang semasa hidupnya adalah penguasa di daerah Osaka. Jika naik ke lantai atas, kita bisa melihat pemandangan kota Osaka yang megah dari ketinggian.



5. Kobe Harborland

Kobe Harborland adalah kompleks komersial yang terletak di daerah yang telah dibangun kembali dari sebuah situs pabrik tua di Kobe yang menghadap teluk Osaka atau di Chuoku,Kobe,Jepang. Tempat ini berisi pusat perbelanjaan, tempat ini di buka pada tahun 1992.



6. Dotonbori, Osaka

Dotonbori adalah salah satu tujuan wisata utama di Osaka jepang membentang di sepanjang kanal dari jembatan Dotonboribashi ke jembatan Nipponbashi di kota Chou. Dotonbori terletak di Osaka, disini sangat penuh dengan toko2 dan tempat makan, apabila malam hari di terangi dengan lampu2 neon yang membuatnya seperti kota yang tidak pernah tidur, ada begitu banyak tempat wisata di Dotonbori street yang tidak akan anda lewatkan!



7. Patung Hachiko di stasiun Shibuya

Hachikō (10 November 1923-8 Maret 1935) adalah seekor anjing jantan jenis Akita Inu kelahiran Ōdate, Prefektur Akita. Ia terus dikenang sebagai lambang kesetiaan anjing terhadap majikan. Setelah majikannya meninggal, Hachikō terus menunggu majikannya yang tidak kunjung pulang di Stasiun Shibuya, Tokyo.

Julukan baginya adalah Hachikō Anjing yang Setia. Patung Hachikō di depan Stasiun Shibuya telah menjadi salah satu marka tanah di Shibuya. Sewaktu membuat janji untuk bertemu di Shibuya, orang sering berjanji untuk bertemu di depan patung Hachikō.



8. Odaiba

Odaiba adalah tempat wisata yang relative baru di kota Tokyo karena baru di bangun 20-30 tahun yang lalu. Terletak di pinggir selat Tokyo dan menghadap langsung ke arah laut, Odaiba menjadi tempat wisata seru yang menawarkan aneka ragam permainan seru, onsen, wisata kuliner, dan perbelanjaan, serta pemandangan yang bagus di siang dan malam hari.


Yaaaaaaaaaa.... Gak rela balik ke Jakarta, mau nya di Jepang terus aja bisa gak ya? Huhu. Jepang memang se indah itu! Bikin ketagihan pengen balik lagi ke Jepang, tapi maybe next nya ke Hokkaido dkk hehe, maybe pas salju an???