Perbedaan Mesin Jahit Portable dan Mesin Jahit Highspeed


Setelah kemarin kita berkenalan dengan mesin jahit, sekarang kita bahas mesin jahit highspeed dan mesin jahit portable  terlebih dahulu.

Let’s check it out….

Mesin Jahit Highspeed

 

Mesin jahit ini sudah pakai mesin dengan kecepatan yang tinggi, pengguna mesin ini mesti mempunyai keahlian khusus, dengan system yang sudah dilengkapi dengan pemotong benang sendiri dan mengunci jahitan di awal dan di akhir penjahitan. Menggunaakan mesin jahit ini memberikan kualitas jahitan yang baik, kuantitas penjahitan akan lebih banyak sehingga tingkat efisien waktu lebih hemat, dan tentunya akan menekan cost produksi. 

Apabila ingin membuat usaha konveksi sebaiknya menggunakan mesin jahit ini, karena harga masih termasuk harga yang menengah boleh di bilang cukup murah, untuk mesin bekasnya di bandrol dengan harga 1 jutaan saja tergantung kondisi mesinnya. Harga murah dimbangi kualitas jahitan yang baik di tambah banyak yang sudah ahli menggunakan mesin jahit ini, menjadi pertimabangan sendiri untuk penggiat usaha konveksi dan garment. Banyaknya orang yang sudah bisa dan ahli, anda sebagai pengusaha tidak perlu lagi mengajarkan cara menggunakannya.

Kelebihan:

  1. Kecepatan tinggi dan konstan
  2. Mesin Jahit high speed adalah mesin jahit yang dijalankan oleh dynamo yang lebih besar ukuran 250 watt sehingga mempunyai kecepatan tinggi mencapai 5000 jahitan per menit.
  3. Mesin dirancang untuk berkerja berat. Biasanya digunakan di konveksi atau untuk bisnis karena cocok untuk memproduksi banyak baju
  4. Bisa menjahit bahan yang tebal

 Kekurangan:

1. Tidak moveable (tidak bisa dibawa kemana-mana) dan sulit dipindahkan krn berat

2. Konsumsi daya (watt) lebih besar

 Info tambahan

-          harga 3 juta keatas

-          jahitan lurus saja

-          Untuk obras perlu mesin obras tersendiri, begitu juga untuk pasang kancing diperlukan mesin jahit. khusus pasang kancing sendiri dan sebagainya. Jadi untuk menjahit celana misalnya, dibutuhkan mesin yang bermacam-macam, sedangkan mesin jahit rumah tangga dirancang all in one sudah dapat digunakan untuk menjahit lengkap.

Mesin jahit portable

 Era Digital saat ini para produsen mesin jahit juga tidak ingin ketinggalan jaman, mereka ikut berpatisipasi di era digital ini, Para produsen ingin lebih memanjakan para konsumennya. Salah satunya mesin jahit ini. dibekali dengan system computer dan kecepatan yang tinggi memberikan anda sensasi dan sentuhan yang baru pada mesin jahit ini. Bagaimana tidak,  fitur di mesin ini cukup lengkap, hanya dengan menekan tombol konfigurasi yang ada pada bagian body mesin, kita bisa mendapatkan berbagai jenis jahitan, Harga yang ditawarkan pun berpariatif mulai dari harga 5jutaan, harga yang diberikan sesuai dengan fitur yang diberikan pada mesin jahit digital ini, semakin lengkap fiturnya maka siap – siap lah merogoh kocek lebih dalam.

Awalnya penggunaan mesin jahit jenis ini mungkin akan sedikit sulit karena banyaknya fitur yang ada, walaupun sudah ada sebagian mesin yang memakai monitor, sebaiknya manual book jangna di simpan terlalu jauh dari mesin ini. Mesin jahit digital ini cocok untuk industry kreatif karena variasi jahitan di mesin ini cukup banyak, jadi kreatifitas kita bisa disalurkan di mesin jahit ini. 

Kelebihan:

  1.  Dirancang All in one bisa berbagai macam jahitan (ada yang 10 jenis sampai 40 jenis jahitan).   misalnya bisa mode zigzag, jahitan berbentuk bordiran, dll
  2. ada fitur membuat lubang kancing
  3. Desainnya terlihat lebih modern, menarik dibandingkan dengan mesin industri.
  4. Mudah dipindahkan dan dibawa karena tidak seberat mesin industri.
  5. Untuk daya watt, mesin jahit portable lebih minim listrik dibandingkan mesin jahit industri. Maka dari itu mesin jahit portable lebih digemari untuk digunakan di rumah
  6. Banyak sekali merek mesin portable, harga juga variatif. Ada yang bermerek seperti Singer, ada yang sekitar 4 jutaan, tapi juga ada dari merek baru yang kurang dikenal tapi harganya murah dimulai dari 500 ribuan.
  7. Menjadi favorit oleh wanita yang hobi membuat craft sendiri di rumah untuk membuat handmade seperti sarung bantal, boneka, pouch, mesin portable ini adalah pilihan yang tepat.

 

Kekurangan:

  1. Kecepatan standar tidak bisa menandingi kecepatan mesin jahit industri
  2. Sparepart mesin portable ada yang terbuat dari plastik, body nya gak full besi sehingga rentan rusak. Seperti area sekoci bagian plastik terkikis jarum.
  3. Sparepart nya (kalo singer saya) cukup mahal
  4. Ringkih dan rentan bila terkena benturan
  5. Sulit menjahit bahan kain tertentu misalnya stretch atau bahan kain yang tebal
  6. Area sekoci harus sering dibersihkan, jika tidak suara mesin kasar bahkan macet dan kusut benang nya

Info tambahan

-Menggunakan pedal

-butuh meja tambahan untuk menaruh mesin ini

 

Jika kalian sedang mencari mesin jahit sebaiknya kenali dulu apa yang di butuhkan, jika kalian masih awam dan menggunakan mesin jahit untuk belajar, sebaiknya menggunakan mesin jahit portable ini karena selain praktis mesin jahit ini cocok untuk pemula yang masih belajar menjahit, mesin ini agak lambat dalam menjahit, tidak ribet dalam memasukan benang karna ada tutorial penggunaanya pada mesin ini.

Sedangkan jika kalian mencari mesin jahit untuk kebutuhan dalam jumlah banyak sebaiknya menggunakan mesin jahit highspeed karna mesin ini sangat cepat, dan kuat dalam menjahit bahan yang tebal, perlu keahlian khusus saat menggunakan mesin ini, mesin ini cocok untuk yang sudah mahir menjahit.

Itu dia perbedaan mesin jahit portable dan mesin jahit highspeed next kita bakal bahas mesin obras dan mesin overdeck…